Ketapang | cara menanam pohon ketapang kencana

Ketapang | cara menanam pohon ketapang kencana

 

Ketapang atau katapang (Terminalia catappa) adalah nm sejenis pohon tepi pantai yg rindang. Lekas tumbuh dan mmbntk tajuk indah bertingkat-tingkat, ketapang kerap dijadikan pohon peneduh di taman-taman dan tepi jalan. Selain nm ketapang dengan brbg jenis dialeknya (mslnya Bat.hatapangNiaskatafaMink.katapiÄ•ngTeupah:lahapangTim.ketapasBug.atapang; dll.), pohon ini juga mempunyai banyak sbtn sprt talisei, tarisei, salrisé (Sulut);tiliso, tiliho, ngusu (Maluku Utara); sarisa, sirisa, sirisal, sarisalo (Mal.); lisa (Rote); kalis, kris (Papua Barat); dan sbgnya.[2]

Dlm bahasa Inggris tanaman ini diknl dengan nama-nama Bengal almondIndian almondMalabar almond,Singapore almondTropical almondSea almondBeach almondTalisay treeUmbrella tree, dan lain-lain.

Pemerian botanis

Pohon besar, tingginya mencapai 40 meter dan gemang batang sampai 1,5 m. Bertajuk rindang dengan cabang-cabang yang tumbuh mndtr dan bertingkat-tingkat; tanaman yang muda sering tampak sprt pagoda. Pohon-pohon yang tua dan bsr acap kali berbanir (akar papan), tingginya bs hingga 3 meter.[3]

Daun-daun tersebar, sebagian besarnya berjejalan di ujung ranting, bertangkai pendek atau hmpr duduk. Helaian daun bundar telur terbalik, 8–25(–38) x 5–14(–19) centimeter, dg ujung lebar dengan runcingan dan pangkal yg menyempit perlhn, helaian di pangkal bntk jantung, pangkal dengan kelenjar di kiri-kanan ibu tulang daun di sisi bwh. Helaian serupa kulit, licin di atas, berambut halus di sisi bawah; kemerahan jk akan rontok.[3][4]

Bunga-bunga berukuran kecil, trkmpl dlm bulir dkt ujung ranting, panjang 8–25 cm, hijau kuning[3]. Bunga tak bermahkota, dengan kelopak bertaju-5, bntk piring atau lonceng, 4–8 millimeter, putih[4] atau krem. Benang sari dlm 2 lngkrn, tersusun lima-lima. Buah batu bulat telur gepeng, bersegi atau bersayap smpt, 2,5–7 x 4–5,5 cm, hijau-kuning-merah, atau ungu kemerahan jika matang.[3][4]

Penyebaran dan ekologi

Ketapang merupakan tumbuhan asli Asia Tenggara & umum ditemukan di wilayah ini, kcl di Sumatra & Kalimantan yang agak jarang didpt di alam. Pohon ini biasa ditanam di Australia bagian utara & Polinesia; demikian pula di IndiaPakistan,MadagaskarAfrika Timur & Afrika BaratAmerika Tengah, srt Amerika Selatan.[5]

Pohon ini cocok dengan iklim pesisir & dataran rendah hngg ketinggian sekitar 400 m dpl.; curah hujan antr 1.000–3.500 millimeter perthn, & bln kering hngg 6 bulan[3]. Ketapang menggugurkan daun hingga dua kali setahun, shngg tanaman ini bisa tahan menghadapi bulan-bulan yg kering[6]. Buahnya yg memiliki lapisan gabus dapat terapung-apung di air sungai & laut[4] hngg berbulan-bulan, sblm tmbh di tempat yang cocok. Buahnya juga disbrkn oleh kelelawar.

Manfaat

Pepagannya & daun-daunnya dimnftkan orang untuk menyamak kulit, sebagai bhn pwrn hitam, & juga untk membuat tinta[2]. Pepagan menghasilkan zat pewarna kuning kecoklatan smp warna zaitun, dan mngndng11–23% tanin; smntr daun-daunnya mengandung 12 macam tanin yg dpt dihidrolisis[5]. Dalam pd itu populer keyakinan di kalangan penggemar ikan hias bhw mnrh daun-daun ketapang kering di akuarium, khususnya ikan cupang (Betta spp.), dapat memperbaiki kesehatan dan memprpnjng umur ikan[7].

Kayu terasnya merah bata pucat hingga kecoklat-coklatan, ringan sampai sdng, BJ-nya berksr antr 0,465–0,675; ckp keras dan ulet, nmn tdk bgt awet[5]. Kayu ini dlm perdagangan dikenal sebagai red-brown terminalia, & dgnkn sebagai pntp lantai atau venir[8]. Di Indonesia, kayu ini dgnkn dalam pembuatan perahu & juga untuk ramuan rumah[2].

Bj ketapang dapat dimakan mentah atau dimasak, konon lbh enak dari biji kenari, & dgnkn sebagai pengganti biji amandel (almond) dalam kue-kue[2]. Inti bijinya yang kering jemur menghslkan minyak berwarna kuning hingga setengah dari bobot semula. Minyak ini mngndng asam-asam lemak sprt asam palmitat (55,5%), asam oleat (23,3%), asam linoleat, asam stearat dan asam miristat. Bj kering ini jg mengandung protein (25%), gula (16%), serta berbagai mcm asam amino.[5]

Jenis yang berkerabat

Nm ketapang juga digunakan untk mnybt T. gigantea V.Sl., yg tmbh di tempat berpaya-paya di Simeulue bgn selatan[2]. Kerabat dekatnya yg mirip ketapang, di antaranya[3]:

·         T. littorea, memiliki bulir bunga yang lebih pendek dan begitu jg buahnya (kecil, < 2,5 cm).

·         T. glabrata, memiliki tangkai daun yang pnjng (1,5–2,5 cm), pangkal helaian daun tdk bebntk jantung, dan buah yang relatif lbh kecil dan menyegi.

Jenis lain, T. bellirica Roxb. yg diknl sbg jaha atau joho lawe (Jw.) mnghslkn buah yg digunakan sbg bhn jamu, bhn penyamak dan bahan pewarna[2].

 

2019-03-03 23:41:03 * 2019-03-03 21:29:05

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Ketapang | cara menanam pohon ketapang kencana adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Ketapang | cara menanam pohon ketapang kencana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit