Mahoni | cara mematikan pohon mahoni tanpa menebang

Mahoni | cara mematikan pohon mahoni tanpa menebang

 

Mahoni adl anggota suku Meliaceae yang mnckp 50 genera & 550 spesies tanaman kayu.

Morfologi dan penyebaran

Mahoni trmsk tanaman bsr dengan tinggi tumbuhan mencapai 35–40 m & diameter mencapai 125 cm.[2] Btng lurus brbntk silindris & tdk berbanir.[2] Kulit luar berwarna cokelat kehitaman, beralur dangkal sprt sisik, sdngkn kulit btng berwarna abu-abu &  halus ktk msh muda, berubah menjadi cokelat tua, beralur dan  mnglps setelah tua.[2]Mahoni baru berbunga stlh berumur 7 tahun, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pd mahkota, kpl sari putihkuning kecoklatan.[3] Buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, warnanya cokelat. Biji pipih, warnanya hitam atau cokelat.[4] Mahoni dapat dijumpai tmbh liar di hutan jati &  tempat-tempat lain yg dkt dg pantai, atau ditnm di tepi jalan sebagai tanaman pelindung.[5] Tumbuhan yang asalnya dari Hindia Barat ini, dapat tmbh subur bila tumbuh di pasir payau dkt dg pantai.[6]

Manfaat

Pohon mahoni dapat mngrng polusi udara sktr 47% - 69% shngg dsbt sbg tumbuhan pelindung sekaligus filter udara &  daerah tangkapan air.[7] Daun-daunnya brtgs menyerap polutan-polutan di sktrnya. Sblknya, dedaunan itu akan mlpskn oksigen (O2) yg mmbt udara di sktrnya mnjd segar.[7] Ktk hujan turun, tanah dan  akar-akar pepohonan itu akan mngkt air yang jatuh, sehingga menjadi cadangan air.[7] Buah mahoni mengandung flavonoid &  saponin[8]. Buahnya dilaporkan bisa melancarkan peredaran darah sehingga para penderita penyakit yang mnybbkn tersumbatnya aliran darah disrnkn mmk buah ini sebagai obat, mengurangi kolesterol, pnmbnn lemak pd slrn darah, mngrng rasa sakit, pendarahan dan  lebam, srt bertindak sbg antioksidan untuk menyingkirkan radikal bebas[8], mencegah penyakit sampar, mengurangi lemak di badan, membantu meningkatkan sistem kkbln, mencegah pembekuan darah, srt menguatkan fungsi hati &  memperlambat proses pembekuan darah[9]. Sifat Mahoni yg dpt brthn hidup di tanah gersang mnjdkn pohon ini sesuai ditanam di tepi jalan. Bg penduduk Indonesia khususnya Jawa, pohon ini bknlah tumbuhan yang baru, krn sjk zaman penjajahan Belanda mahoni dan  rekannya, Tumbuhan Asam, sdh bnyk ditnm di pinggir jalan sebagai pndh terutama di sepanjang jalan yg dibangun olehDaendels antara Anyer smp Panarukan. Sjk 20 thn terakhir ini, tumbuhan mahoni mulai dibddykn karena kayunya memiliki nilai ekonomis yg cukup tinggi. Kualitas kayunya keras dan  sangat baik untk meubel, furnitur, barang-barang ukiran &  kerajinan tangan. Srng juga dibuat penggaris krn sftnya yg tidak mdh berubah. Kualitas kayu mahoni berada sdkt dibawah kayu jati shngg srng dijuluki sebagai primadona kedua untk mwrn pakaian. Kain yang direbus brsm kulit mahoni akan mnjd kuning dan  tidak mdh lntr.Sdngkn getah mahoni yang dsbt juga blendok dapat diprgnkn sebagai bhn baku lem, dan  daun mahoni untuk pakan ternak.[10]

Ekstrak bj pohon mahoni jg bs digunakan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama pd pertanaman kubis, yaitu Plutella xylostella dan  Crocidolomia binolalis khususnya pada saat hama berada pada stadia larva. Penggunaan insektisida botani mrpkn slh satu alternatif pngndln yang brtjn untk mengurangi dmpk negatif akibat penggunaan insektisida sintetik yang tidak bjksn.

 

2019-03-12 0:00:13 * 2019-03-11 23:58:11

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Mahoni | cara mematikan pohon mahoni tanpa menebang adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Mahoni | cara mematikan pohon mahoni tanpa menebang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit