Durian | cara menanam buah durian

Durian | cara menanam buah durian

Durian adalah nm tmbhan tropis yangberasal dari wilayah Asia Tenggara, sklgs nama buahnya ygbisa dimakan.  Nama ini diambil drciri khas kulit buahnya yang  keras dan berlekuk-lekuk tajam shg menyerupai duri. Sebutan populernya adl "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durianadalah buah yg kontroversial, meskipunbnyk orgyang menyukainya, nmn sebagian yang lain malah muak dgbau.

Sesnghny, tumbuhan} dengan nm durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga Durio.[1] Namun, yg dimksd dengan durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adl Durio zibethinus. Jenis-jenis durian lain yang dapat dimakan dan kadangkala ditemukan di pasar tmptnya di Asia Tenggara di antrnya adalah lai(D. kutejensis), kerantungan (D. oxleyanus), durian kura-kura /atau kekura (D. graveolens), serta lahung (D. dulcis). Utk slnjtnya, uraian di bawah ini mengacu kpd D. zibethinus.
 

Terdapat bnyk nm lokal. Nama terbnyk ditemukan di Kalimantan, yang mengacu pd berbg varietas dan spesies yang berbeda. Durian di Jawa dikenal sebagai duren (bahasa Jawabahasa Betawi) dan kadu (bahasa Sunda). Di Sumatera dikenal sebagai durian danduren (bahasa Gayo). Di Sulawesi, orang Manado menyebutnya duriang, smtr org Toraja duliang. Di Kota Ambon & kepulauan Lease biasa dsbt sebagai Doriang. Di Pulau Seram bgn timur disebut rulen.

Pst keanekaragaman durian adalah Pulau Kalimantan.[butuh rujukan] Daerah-daerah sktrny jg mempunyai beberapa plasma nutfah durian, sprt Mindanao, Sumatera, & Semenanjung Malaya meskipun tidak semelimpah Kalimantan. Mskpn dmkn, pengekspor utama durian adalah Thailand, yang mampu mengembangkan kultivar dengan mutu tinggi & sistem budidaya yg baik. Tempat lain yang mmbddykndurian dengan ornts ekspradalah Mindanao di Filipina,Queensland di AustraliaKambojaLaosVietnamIndia, dan Sri Lanka.

Di Filipina, pusat penghasil durian adl di daerah Davao di Pulau Mindanao. Festival Kadayawamerupakan perayaan tahunan untuk durian di Davao City.

Pohon tahunanhijau abadi (pengguguran daun tidak tergantung musim) tetapi ada saat tertentu untuk menumbuhkan daun-daun baru (periode flushing /atau peronaan) yg terjadi setelah masa berbuah selesai. Tmbh tinggi dpt mencapai ketinggian 25–50 m tergantung spesiesnya,[3] pohon durian sering memiliki banir (akar papan). Pepagan (klt btng) berwarna coklat kemerahan, mengelupas tak brtrn. Tajuknya rindang & renggang.

Daun berbentuk jorong hingga lanset, 10-15(-17) cm × 3-4,5(-12,5) cm; terletak berseling; bertangkai; berpangkal lancip / tumpul dan berujung lancip melandai; sisi atas berwarna hijau terang, sisi bawah tertutup sisik-sisik berwarna perak atau keemasan dengan bulu-bulu bintang.[4]

Bunga (jg buahnya) muncul lngsng dari batang (cauliflorous) / cabang-cabang ygtua di bgn pngkl (proximal), berkelompok dalam



karangan berisi 3-10 kuntum berbentuk tukal atau malai rata. Kuncup bunganya [mmblt|membulat}, sekitar2 cm diameternya, brtngk [pnjng|panjang]. [Klpk|Kelopak} bunga bntk tabung sepanjang lk. 3 cm, daun klpk tambahan trpch bundar telur. Mahkota bntk sudip, [kr|kira-kira} 2× pnjg klpk, berjumlah 5 helai, keputih-putihan. Benang sarinya bnyk, trbg ke dlm 5 berkas; kepala putiknya membentuk bongkol, dg tangkai yang berbulu.[4] Bunga mncl drkuncup dorman, mekar pada sore hari & brthn hingga bbrp hari. Pada siang hari bunga mntp. Bunga ini mnybrkn aroma wangi yang brsl dr kelenjar nektar di bgn pangkalnya untuk menarik prhtn kelelawar sebagai penyerbuk utamanya.[5] Kajian di Malaysia pada thn 1970-an mnjkn bahwa penyerbuk durian adalah kelelawar Eonycteris spelaea. Penelitian thn1996 lbh jauh mnjkn [bhw|bahwa} hwn lain, sprt burung madu Nectariniidae & lebah turut srt dalam penyerbukan tiga kerabat durian lainnya.[3][6]

Buah durian bertipe kapsul berbentuk bulat, blt telur hingga lonjong, dg pnjng hngg 25 cm & diameter hngg 20 cm.[4] Kulit buahnya tbl, permukaannya bersudut tajam ("berduri", karena itu dsbt "durian", wlpn ini bukan duri dalam pngrtn botani), berwarna hijau kekuning-kuningan, kecoklatan, hingga keabu-abuan.

Buah berkembang stlh pembuahan & memerlukan 4-6 bln untk pemasakan. Pada ms pemasakan trjd persaingan antr buah pada satu klmpk, shgg hny satu ataubbrp buah yg akan mencapai kematangan, &\dan sisanya gugur. Buah akan jatuh sendiri apabila masak. Pada umumnya berat buah durian dapat mncp 1,5 hgg 5 kg, sehingga kebun durian menjadi kawasan ygberbahaya padams msm durian. Apbl jth di atas kepala seorg, buah durian dapat menyebabkan cdr brt / bhkn kematian.

Setiap buah mmlk lima ruang (awam mnybtnya "kamar"), yang menunjukkan bnyknya daun buah yang dimiliki. Msng-msng ruangan terisi olh bbrp bj, biasanya tiga btr / lebi, lonjong hingga 4 cm pnjngnya, dan brwrn merah muda kecoklatan mngklp. Bj terbungkus olh arilus (salut biji), yg biasa disebut sbg "daging buah" durian) brwrn pth hngg knng terang dg ktbln yang beranekaragam, namun pada kultivar unggul ktbln arilus ini dpt mncp 3 cm. Biji dg salut biji dalam perdgngn disebut ponggèPemuliaan durian diarahkan untk mnghslkn bj yang kcl dg salut bj yang tbl, karena salut biji inilah bagian yg dimakan. Bbrp jenis unggul menghasilkan buah dg biji yang tidak berkembang namun dg salut biji tbl (dsbt "sukun")


Durian sangat bervariasi. Sbgmn dsbt di mk, bbrp jenis sln durian benar (D. zibethinus) jg dianggap sbg durian. Di Indonesia tercatat ada 20 spesies anggota Durio (dr hampir30-an jenis), sembilan di antaranya dapat dimakan.[3][7] Durian yang bnr pun memilik banyak variasi. Lembaga penelitian di Indonesia, Malaysia, & Thailand telah merilis brbg kultivar durian unggul. Selain itu trdpt pl ras-ras lkl yg dikenal baik nmn blm mnglm tahap slks untuk meningkatkan  kualitasnya.

 

2019-02-28 4:39:20 * 2019-02-28 00:32:19

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Durian | cara menanam buah durian adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Durian | cara menanam buah durian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit