Kepel | cara makan buah kepel

Kepel | cara makan buah kepel

 

Tumbuhan kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adl pohon pnghsl buah hidangan meja yg menjadi flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta dan di Tanah Pasundan yang juga diknl sbg Burahol. Buah kepel digemari puteri kraton-kraton di Jawa krn dipercaya menyebabkan keringat beraroma wangi dan membuat air seni tidak berbau tajam.

Pemerian

Pohon tegak, tidak merontokkan daun secara serentak, tingginya mencapai 25 meter. Tajuknya teratur brbntk kubah meruncing ke atas (sprt cemara) dg percbngn mendatar atau agak mendatar. Diameter batang utamanya mcp 40cm,berwarna coklat-kelabu tua smp hitam, yg secara khas tertutup oleh bnyk benjolan yang besar-besar. Daunnya brbntk lonjong-jorong smp bundar-telur/bntk lanset, berukuran (12-27) cm  × (5-9) cm, berwarna  hijau gelap, tdk berbulu, merontal tipis; tangkai daunnya mencapai 1,5 cm panjangnya. Bunganya berkelamin tunggal, mula-mula brwrn  hijau kmdn berubah mnjd keputih-putihan, mncl pd tonjolan-tonjolan di batang; bunga jantannya terletak di batang sebelah atas & di cabang-cabang yang lbh tua, berkumpul sebanyak 8-16 kuntum, diameternya mencapai 1 cm; bunga betinanya hny berada di pangkal batang, diameternya mencapai 3 centmeter. Buahnya dengan 1-13lmbr daun buah bertipe mirip buah buni (berrylike ripe carpels), pnjng tangkai buahnya mencapai 8 centmeter; daun buah yang matang hamper bulat bntknya, brwrn  kecoklat-coklatan, diameternya 5-6 cm, perikarpnya berwarna  coklat, berisi sari buah, dpt dimakan. Bijinyabrbntk menjorong, brjmlh 4-6 butir, pnjngnya sktr 3 centmeter, berat segar 62-105 gram, srt bgn yg dpt dimakan sebanyak 49% & bijinya 27% dari berat buah segar.

Manfaat

Buahnya yg matang dimkn dlm keadaan segar. Disebutkan bhw dagingnya yang brwrn  jingga dan mengandung sari buah itu mmbrkn aroma seperti bunga mawar brcmpr buah sawo pd ekskresi tubuh (sprt air seni, keringat, dan napas). dalam pengobatan, daging buahnya berfungsi sebagaipeluruh kencing, mncgh radang ginjal dan menyebabkan kemandulan (sementara) pada wanita. Jd, kepel ini oleh pr wanita bangsawan digunakan sbgparfum dan alat KB; di Jawa, penggunaannya scr tradisional trbts di Kesultanan YogyakartaKayunya cocok untuk perkakas rumah tangga; batangnya yg lurus setelah direndam bbrp bln dalam air, dgnkn untk bhn bangunan rumah dandiberitakan tahan lebih dari 50 tahun. Kepel mrpkn tumbuhan hias pohon yg indah, daunnya yang mncl scr serentak berubah dari merah muda pucat menjadi merah keunguan sblm brbh lagi menjadi hijau cemerlang. Perawakan pohonnya brbntk silindris atau piramid dengan bnyk cabang lateral yang trssn secara sistematik, & sifatnya yang kauliflor (cauliflory) mnmbh keindahannya.

Syarat Tumbuh

Kepel tumbuh liar pada tanah lembap & dalam, di hutan-hutan sekunder di Jawa. Dibudidayakan sebagai tanaman buah pd ketinggian mencapai 600 meter dpl, dan mau berbuah di Queensland. Varietas ini dpt tmbh baik di sela-sela rumpun bambu, yg di tmpt itu tanaman-tanaman lain tdk mampu bersaing.

Budidaya

Kepel umumnya diprbnyk dr bj yang diambil dari buah matang & disemaikan scptnya. Penyetekan dan pencangkokan sdh prnh dicb, tetapi tdk berhasil. Benihnya dibrshkn dg jln dicuci dan dikrngkn di tmpt teduh. Sebelum disemai benih diskarifikasi, ttp perkecambahannya masih membutuhkan waktu beberapa bulan. Lambat-laun persentase perkecambahannya tinggi juga. Prkcmbhnnya hipogeal, akar tunggangnya membengkak dan tdk brcbng untk beberapa wkt. Mula-mula semai itu tmbh lambat. pada saat semai berdaun 3-5 helai, dipindahtanamkan ke dlm pot.Ketika tingginya mencapai 0,5-1,0 m bibit dipindahtanamkan ke lapangan dg jrk tnm 6-8 meter. Fase yuwananya (vegetative phasejuvenile phase) berlangsung selama 6-9 thn.

Pemeliharaan

Hama dan Penyakit

Belum ada lprn mengenai hama dan penyakit yang berbahaya, tetapi pohonnya hrs dijg dr srngn kelelawar dan binatang pengerat.

Panen dan Pasca Panen

Buah kepel dianggap masak bl digores kulitnya terlihat bagian bwhnya berwarna  kuning atau coklat muda (jika berwarna  hijau, buah masih blm matang). untuk mnjg kualitas, buah kepel dibngks 1-2 bln sebelum dipanen, mnggnkn anyaman bambu atau daun kelapa atau kantung plastik. Buah dikemas dlm keranjang atau karung & hendaknya diperlakukan dengan hati-hati; buah kepel dapat brthn disimpan 2-3 minggu pada suhu ruang

 

2019-02-27 23:32:20 * 2019-02-27 21:02:18

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kepel | cara makan buah kepel adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kepel | cara makan buah kepel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit