Ketapang | jenis pohon ketapang

Ketapang | jenis pohon ketapang

 

Ketapang atau katapang (Terminalia catappa) adalah nama sejenis tumbuhan tepi pantai yg rindang. Lekas tumbuh & membentuk tajuk indah bertingkat-tingkat, ketapang kerap dijadikan tumbuhan peneduh di taman-taman dan tepi jalan. Selain nama ketapang dg berbagai jenis dialeknya (misalnya Bat.hatapangNiaskatafaMink.katapiÄ•ngTeupah:lahapangTim.ketapasBug.atapang; dll.), pohon ini juga mempunyai banyak sebutan sprt talisei, tarisei, salrisé (Sulut);tiliso, tiliho, ngusu (Maluku Utara); sarisa, sirisa, sirisal, sarisalo (Mal.); lisa (Rote); kalis, kris (Papua Barat); & sbgnya.[2]

Dlm bahasa Inggris tanaman ini dikenal dengan nama-nama Bengal almondIndian almondMalabar almond,Singapore almondTropical almondSea almondBeach almondTalisay treeUmbrella tree, & lain-lain.

Pemerian botanis

Tanaman besar, tingginya mencapai 40 meter dan gemang batang sampai 1,5 m. Bertajuk rindang dengan cabang-cabang yang tumbuh mndtr dan bertingkat-tingkat; tanaman yg muda srng tmpk sprt pagoda. Pohon-pohon yang tua & bsr acap kali berbanir (akar papan), tingginya bs hngg 3 meter.[3]

Daun-daun tersebar, sbgn besarnya berjejalan di ujung ranting, bertangkai pendek atau hmpr duduk. Helaian daun bundar telur terbalik, 8–25(–38) x 5–14(–19) centimeter, dengan ujung lebar dg runcingan & pangkal yang menyempit perlhn, helaian di pangkal bentuk jantung, pangkal dengan kelenjar di kiri-kanan ibu tulang daun di sisi bawah. Helaian serupa kulit, licin di atas, berambut halus di sisi bwh; kemerahan jk akan rontok.[3][4]

Bunga-bunga berukuran kecil, terkumpul dlm bulir dkt ujung ranting, panjang 8–25 cm, hijau kuning[3]. Bunga tak bermahkota, dengan kelopak bertaju-5, bntk piring atau lonceng, 4–8 mm, putih[4] atau krem. Benang sari dalam 2 lingkaran, tersusun lima-lima. Buah batu bulat telur gepeng, bersegi atau bersayap sempit, 2,5–7 x 4–5,5 cm, hijau-kuning-merah, atau ungu kemerahan jika matang.[3][4]

Penyebaran dan ekologi

Ketapang merupakan tumbuhan asli Asia Tenggara dan umum dijumpai di wlyh ini, kecuali di Sumatra dan Kalimantan yg agak jrng didapati di alam. Pohon ini biasa ditanam di Australia bg utara dan Polinesia; demikian pula di IndiaPakistan,MadagaskarAfrika Timur dan Afrika BaratAmerika Tengah, serta Amerika Selatan.[5]

Pohon ini cocok dg iklim pesisir & dataran rendah hingga ketinggian sktr 400 meter dpl.; curah hujan antr 1.000–3.500 mm perthn, & bln kering hngg 6 bulan[3]. Ketapang mengggrkn daun hingga dua kali sethn, sehingga tumbuhan ini bs thn menghadapi bulan-bulan yg kering[6]. Buahnya yang mempunyai lapisan gabus dapat terapung-apung di air sungai & laut[4] hngg berbulan-bulan, sblm tumbuh di tmpt yg cocok. Buahnya jg disebarkan oleh kelelawar.

Manfaat

Pepagannya dan daun-daunnya dimnftkan orang untuk menyamak kulit, sebagai bhn pewarna hitam, dan jg untuk membuat tinta[2]. Pepagan menghasilkan zat pewarna kuning kecoklatan sampai wrn zaitun, & mengandung11–23% tanin; smntr daun-daunnya mengandung 12 macam tanin yg dpt dihidrolisis[5]. Dalam pd itu populer kyknn di klngn penggemar ikan hias bhw mnrh daun-daun ketapang kering di akuarium, khususnya ikan cupang (Betta spp.), dapat memperbaiki kesehatan & memprpnjng umur ikan[7].

Kayu terasnya merah bata pucat hingga kecoklat-coklatan, ringan smp sdng, BJ-nya berkisar antara 0,465–0,675; cukup keras dan ulet, namun tidak begitu awet[5]. Kayu ini dlm perdagangan diknl sebagai red-brown terminalia, & digunakan sebagai penutup lantai atau venir[8]. Di Indonesia, kayu ini dgnkn dlm pembuatan perahu dan juga untk ramuan rumah[2].

Bj ketapang dapat dimakan mentah atau dimsk, konon lebih enak dr biji kenari, & dgnkn sbg pnggnt biji amandel (almond) dlm kue-kue[2]. Inti bijinya yg kering jemur menghslkan minyak brwrn kuning hngg stngh dr bobot semula. Minyak ini mengandung asam-asam lemak seperti asam palmitat (55,5%), asam oleat (23,3%), asam linoleat, asam stearat dan asam miristat. Bj kering ini juga mngndng protein (25%), gula (16%), serta berbagai macam asam amino.[5]

Jenis yang berkerabat

Nama ketapang juga digunakan untk mnybt T. gigantea V.Sl., yang tmbh di tempat berpaya-paya di Simeulue bagian selatan[2]. Kerabat dekatnya yang mirip ketapang, di antrnya[3]:

·         T. littorea, memiliki bulir bunga yang lebih pendek dan bgt jg buahnya (kecil, < 2,5 centimeter).

·         T. glabrata, memiliki tangkai daun yg panjang (1,5–2,5 centimeter), pangkal helaian daun tidak berbentuk jantung, & buah yang relatif lbh kecil dan menyegi.

Jenis lain, T. bellirica Roxb. yang dikenal sbg jaha atau joho lawe (Jw.) mnghslkn buah yang dgnkn sbg bhn jamu, bahan penyamak & bhn pwrn[2].

 

2019-03-06 19:43:08 * 2019-03-06 18:57:06

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Ketapang | jenis pohon ketapang adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Ketapang | jenis pohon ketapang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit