Kurma (pohon) | belajar dari pohon kurma

Kurma (pohon) | belajar dari pohon kurma



Belajar dari Pohon kurma | Hikmah allah menciptakan kurma â–º 1:01 youtube watch?v=6YtmTCL5zTE6 Apr 2018 1 menit Diupload oleh Mas IrulBelajar dari Pohon kurma | Hikmah allah menciptakan kurma Mas Irul Loading 4 Pelajaran Hidup Dari Pohon Kurma Islampos islampos 4 pelajaran hidup dari pohon kurma 35976 CacheSeorang muslim harus mempunyai amalan yang istiqomah bukan melahirkan manusia berkarakter pohon berbuah musiman, tetapi mencetak manusia laksana   Gambar untuk Kurma (pohon) + belajar dari pohon kurmaFalsafah pohon Kurma | Inspiring points hdmessa wordpress 2016 06 02 falsafah pohon kurma CacheMirip2 Jun 2016 Belajar dari pohon kurma Jadilah manusia yang tangguh dan tegar menghadapi beratnya tantangan masalah kehidupan Milikilah cara  MOTIVASI & INSPIRASI HIDUP: Belajar Dari Pohon Kurmamotirasi blogspot 2015 01 belajar dari pohon kurma htmlCachePohon kurma lazim dijumpai di kawasan Timur Tengah Kondisi tanah yang kering, gersang, tandus dan kerap dihantam badai gurun yang dahsyat, membuat  Belajar Seperti Pohon Kurma “Orang Soteria Ministry | Facebook facebook belajar pohon kurma pohon kurma 657080390973526 CacheBelajar Seperti Pohon Kurma “Orang benar akan bertunas seperti pohon kurma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon; mereka yang ditanam di bait  Hidup Yang Benar Diibaratkan Seperti Pohon Kurma oleh Adam kompasiana hidup yang benar diibaratkan seperti pohon kurmaCache25 Jun 2012 Orang Benar akan bertunas seperti pohon Kurma (Mazmur 92:13) Pernahkah terpikirkan oleh kita tentang bagaimana cara pohon kurma  Jadilah Pohon Kurma | Republika Online republika co id 17 osgoet313 jadilah pohon kurmaCache2 Jul 2017 Adakah setelah mengikuti Diklat Ramadahan, kita berka rakter pohon kurma? Hal itu akan terjawab dengan berka ca pada empat karakteristik  Belajar Budidaya Pohon Kurma Di Indonesia â€" waras farm warasfarm wordpress belajar budidaya pohon kurma di indonesia CacheMirip8 Jan 2015 Kurma, buah asal timur tengah yang satu ini tentu sudah tidak begitu asing di telinga anda Terlebih saat bulan puasa ataupun saat hari raya  Belajar Mengatasi Masalah Kehidupan dari Sebuah Pohon Kurma planet merdeka belajar mengatasi masalah kehidupan dari sebuah pohon kurma htmlCache11 Apr 2018 Let's Be Smart Pada bulan ramadhan, buah kurma seperti menjadi hidangan wajib saat berbuka puasa Umat muslim yang menjalankan

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) di Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Aceh, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Jawa Barat, Papua Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah belajar dari pohon kurma di Kab. Probolinggo, Kab. Demak, Samosir, Kab. Sumba Timur, Kota Magelang, Samosir, Sungai Penuh, Kota Kediri, Kab. Probolinggo, Natuna, Kab. Gresik, Kab. Pekalongan, Padang Lawas Utara, Kab. Pekalongan,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) | belajar dari pohon kurma di Kec. Pamona Barat, Kec. Bontonompo Selatan, Kec. Kepanjen, Kec. Deleng Pokhisen, Kec. Ngluyu, Kec. Upau, Kec. Sumberpucung, Kec. Galesong, Kec. Ngadiluwih, Kec. Sagalaherang, Kec. Pulau Laut Timur, Kec. Bandung, Kec. Jonggol, Kec. Jenggawah, Kec. Sampanahan, Kec. Karangpandan, Luyo, Kec. Cilimus, Kec. Ngasem, Kec. Dolopo

Kurma, (Arab: Tamr; nm latin Phoenix dactylifera) adalah pohon palma (Arecaceae) dlm genus Phoenix, buahnya bisadimkn. Walaupun tempat asalnya tdk diketahui karena tlh sejak lama dibddykn, kemungkinan pohon ini berasal dari tanah sktr Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sedang dg tngg sktr 15-25 m, tmbh scr tunggal atau membentuk rumpun pd sjmlh batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya mempunyai panjang 3-5 meter, dg duri pada tangkai daun, menyirip & memiliki sktr 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan pnjng 30 cm & lebar 2 centimeter . Rentangan pnh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

Etimologi
Nama jenis dactylifera "date-bearing" berasal dari Yunani kuno, dáktulos, "kurma" (juga "jari")[2] & batang dari kata kerja Latin, fero, "Saya memberi".[3]

Sejarah Kurma
Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah slm ribuan thn lamanya. Tumbuhan Kurma diyakini berasal dari sktr Teluk Persia dan telah dibddykn sjk zaman kuno dr Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kmngkn pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno mnggnkn buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma & memakannya pd saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pd tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pada zaman slnjtnya, orang Arab mnybrkn luaskan kurma di sekitar Selatan & Barat Daya Asia, bgn utara Afrika, Spanyol & Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico dan California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pd thn 1765.

Buah
Buah yg dihasilkan oleh tumbuhan kurma dikenal sbg buah kurma.[4] Bentuk buahnya lonjong-silinder dg pnjng 3-7 cm , berdiameter 2-3 centimeter danktk msh muda warnanya merah cerah ke kuning terang, tergantung dr jenisnya. Kurma mempunyai biji tunggal yang ukuran pnjngnya sktr 2-2,5 cm dan tebalnya 6-8 mm. Buah kurma diklmpkn menjadi tiga glngn utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Spesies buah ini tergantung pd kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa.
Tanaman kurma mrpkn tanaman spesies dioecious, yaitu mempunyai tanaman jantan & betina yg hidup scr terpisah. Mereka bisa tumbuh dg mudah dr bakal bj, tetapi hny 50% tumbuhan betina yang ditnm secara pembibitan akan berbuah, & mnghslkn buah yang kecil serta berkualitas rendah. Sbgn besar perkebunan menggunakan perkmbngbkn stek pd tumbuhan, terutama pada kultivar 'Medjool' karena bisa menghasilkan panen yang bnyk serta buah yg manis & besar. Pohon yg tumbuh dari cara stek akan berbuah 2-3 tahun lebih awal drpd pohon yg menggunakan bibit.
Pembuahan dengan serbuk sari pada tumbuhan kurma dilkkn secara alami oleh angin tetapi pada perkebunan oasis tradisional dan perkebunan modern, penyerbukan dilkkn scr manual. Penyerbukan alami pd pohon jantan dan betina, bisa trjd dengan jumlah yang sama antara kedua pohon. Namun, bila dilkkn dengan bantuan, satu tanaman jantan bisa menyerbuki hngg 100 tanaman betina. Tumbuhan jantan yg mrpkn sbg penyerbuk, mmngknkn para petani menggunakan sumber daya mereka untk memproduksi lebih bnyk buah pada pohon betina.

Beberapa petani bhkn tdk mmlhr pohon jantan, yang mana sebagai bunga jantan, untuk menyediakannya di pasar lokal pd saat waktu penyerbukan. Penyerbukan manual dikrjkn oleh pkrj trmpl dengan mnggnkn bantuan tangga untuk naik ke atas pohon. Di bbrp daerah seperti Irak, para pkrj memanjat tumbuhan dengan mnggnkn alat pemanjat khusus, dimana alat trsbt mengitari batang pohon dan pendaki membuatnya tetap melekat pd bagasi saat mendaki. Jarang serbuk sari bisa diterbangkan ke bunga betina dg angin.

Kurma masak dibagi menjadi empat glngn, yang mana diknl di seluruh dunia dengan menggunakan penamaanArab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (masak, lembut), tamr (masak, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Stp 100 gram kurma segar dapat mengandung smbr vitamin C[butuh rujukan] & energi sbsr 230 kcal (960 kJ). Air yang terkandung dalam kurma relatif sedikit dan hal ini tdk mnjdknnya jauh lebih pekat pd saat proses pengeringan brlngsng, mskpn vitamin C-nya akanhilang.

Kurma mrpkn tanaman tradisional yg pntng di Turki, Iraq, Arab, Afrika Utara sampai ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma & yogurt atau susu adl mknn tradisional yang utama untk berbuka puasa pd saat bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool & Deglet Noor) jg dibudidayakan di Amerika Serikat pdbagian selatanCalifornia, Arizona dan bgn selatan Florida.

Tumbuhan kurma dapat berbuah stlh ditnm slm 4 sampai 7 tahun dan bisa dipanen ktk telah berusia 7 smp 10 thn. Pohon kurma yg telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pd setiap musim panennya. Agar mendapatkan buah yg berkualitas untuk bisa dipsrkn, tandan kurma harus ditipiskan dan dibungkus atau ditutup sebelum masak supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar & terlindungi dari cuaca & hama, seperti burung.

Makanan dari Olahan Kurma
Kurma kering atau lembut yang dimakan buatan tangan atau mungkin terlihat berbintik-bintik diisi dengan isian sepertialmond, kenari, manisan jeruk & kulit lemon, tahini, marzipan atau krim keju. Kurma berbintik disebut juga kurma tanpa biji. Sebagian kurma kering berbintik kemungkinan berglasir dengan sirup glukosa untk digunakan sebagai makanan ringan. Kurma juga bisa dipotong dan digunakan dalam berbagai hidangan manis dan gurih mulai dari tajines (untuk puding) diMaroko, ka'ak (jenis kue kering Arab) dan makanan pencuci mulut lainnya. Kurma roti kacang, jenis kue, sangat populer diAmerika Serikat terutama menjelang hari-hari libur. Kurma juga diproses menjadi berbentuk dadu, pasta (yg disebut "ajwa"), olesan, sirup kurma atau "madu" yg disebut "dibs" atau "rub" di Libya, bubuk (gula kurma), cuka ataupun alkohol. Inovasi olahan terbaru antara lain kurma berlapis cokelat & produk-produk seperti jus kurma bersoda, yang digunakan di beberapa negara-negara Islam sebagaisampanye versi non-alkohol, untuk acara-acara khusus dan waktu keagamaan seperti Ramadhan.

Kurma juga dapat dikeringkan, ditumbuk & dicampur dengan gandum untuk membentuk bahan baku bergizi. Kurma kering dimakan oleh unta, kuda & anjing diSahara. Di Nigeria utara, kurma & lada ditambahkan ke dalam bir asli yang diyakini membuatnya untk mengurangi mabuk.

Daun kurma muda dimasak dan dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung, meskipun pd saat pengangkatannya bisa membuat pohon mati. Benih digiling halus dicampur dengan tepung untk membuat roti pada saat sedang kelangkaan terjadi. Bunga-bunga kurma juga dimakan. Secara tradisional, bunga betina adalah bunga yang paling tersedia untuk dijual dan beratnya 300-400 gram. Kuncup bunga digunakan dalam salad atau sebagai alas pd ikan kering untk membuat bumbu roti.

Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib dan Marshall, dalam banyak hal, "Kurma bisa dianggap sebagai makanan yang hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan yang potensial." Kurma adl sumber yg sangat baik untk diet kalium. Kandungan gula pd kurma yg telah masak sekitar 80%; sisanya trdr dr protein, serat, & elemen trmsk boron, kobalt, tembaga, fluor, magnesium, mangan, selenium, dan seng.[5]

Di India & Pakistan, Afrika Utara, Ghana, dan Pantai Gading, tumbuhan kurma disadap untk diambil getah manisnya, yang dikonversi menjadi gula kelapa (yang dikenal sebagai jaggery atau gur), sirup gula atau mnmn beralkohol. Di Afrika Utara getah yg diperoleh dari pnydpn tumbuhan palma dikenal sebagai lagbi. Jk dibiarkan untk jangka wkt yang cukup lama (biasanya berjam-jam, tergantung pd suhu) lagbi dg mdh dapat menjadi minuman beralkohol. Keterampilan khusus dibutuhkan pada saat penyadapan tumbuhan palma sehingga tidak mati.

Di bgn Tenggara Spanyol (di mana perkebunan besar kurma ada termasuk UNESCO dilndng Palmeral dr Elche) kurma (biasanya olahan dengan almondgoreng) disjkn terbungkus pada daging babi asap & shallow goreng.

Itu juga dignkn untuk membuat Jallab.

Kegunaan Pohon Kurma
Bj kurma trsbt direndam dr bwh ke atas untk dijdkn pakan ternak. Minyaknya cocok untk digunakan dalam bentuk sabun & kosmetik. Mrk juga dapat diolah scr kimia sebagai smbr asam oksalat. Benih-benihnya jg dibkr untuk membuat arang oleh pandai perak & dapat dirangkai menjadi kalung. Biji kurma jg tanah & digunakan pada olahan bj kopi atau sebagai bahan tambahan untk kopi.

Tandan buah yang tlh dipreteli dapat dgnkn sbg sapu. Di Pakistan, viskos, sirup kental yg terbuat dari buah yang masak dgnkn sbg plps untk tas kulit & pipa untk mncgh kebocoran.

Getah tumbuhan kurma bisa dgnkn untuk membuat sirup danbrbg produk dapat dimakan berasal dr sirup.

Daun pohon kurma dgnkn untuk Palm Sunday dalam agama Kristen. Di Afrika Utara, mereka biasanya dgnkn untuk membuat pondok. Daun dewasa jg dibuat menjadi tikar, layar, keranjang dan kipas. Daun yang diolah dapat dgnkn sebagai isolasi kardus. Tangkai daun kering yg merupakan sumber ampas selulosa bisa dijadikan sbg tongkat jalan, sapu, umpan pancing dan bahan bakar. Pelepah daun yg berharga mnglrkn aroma srt seratnya jg bisa digunakan sbg tali, kain kasar, & topi besar. Di hari libur Yahudi,Sukkot, daun-daunnya digunakan sbg lulav.

Kayu kayu pohon kurma dgnkn untk tiang dan langit-langit pd pondok, karena lebih ringan dari kelapa dan tidak begitu tahan lama. Kayu juga digunakan untk konstruksi seperti jembatan & saluran air, & bgn dari dhows. Sisa kayunya dibakar sbg bahan bakar.

Dmn tradisi krjnn masih brkmbng, sprt di Oman, pohon palem adalah yg paling srb guna dari semua tanaman asli, & hamper setiap bagian dr pohon dgnkn untuk membuat barang-barang fungsional mulai dr tali & keranjang untk sarang, perahunelayan, dan tempat tinggal tradisional.[butuh rujukan]

Kegunaan Kurma dalam Bidang Pengobatan
Kurma mempunyai kndngn tannin yg tinggi & secara medis dgnkn sebagai deterjen (memiliki daya pembersihan) & astringent pd usus yang bermasalah.[butuh rujukan] Kurma bisa dibrkn untk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, meringankan demam dan sjmlh keluhan lainnya dlm bentuk infus, ramuan, sirup atau pasta.[butuh rujukan] Satu kyknn tradisional mngtkn bhw kurma bisa menetralkan keracunan alkohol. Bubuk bj juga digunakan dalam bbrp obat-obatan tradisional.

Getah yg dicucurkan oleh batang tanaman, di India, dgnkn untk mengobati diare & penyakit kencing genital.[butuh rujukan] Akarnya digunakan mlwn sakitgigi. Serbuk sari menghasilkan sebuah prinsip estrone, estrogenik, & memiliki efek gonadotropic pd tikus muda.

2019-03-26 21:05:15 * 2019-03-26 21:04:13

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kurma (pohon) | belajar dari pohon kurma adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kurma (pohon) | belajar dari pohon kurma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit