Mahoni | cara menanam pohon mahoni

Mahoni | cara menanam pohon mahoni

 

Mahoni adalah anggota suku Meliaceae yang mencakup 50 genera dan 550 jenis tanaman kayu.

Morfologi dan penyebaran

Mahoni trmsk tumbuhan bsr dg tinggi tumbuhan mencapai 35–40 meter dan diameter mncp 125 centimeter.[2] Batang lurus berbentuk silindris dan tdk berbanir.[2] Kulit luar berwarna cokelat kehitaman, beralur dangkal sprt sisik, sdngkn kulit batang brwrn abu-abu &  halus ketika msh muda, brbh mnjd cokelat tua, beralur dan  mnglps setelah tua.[2]Mahoni baru berbunga setelah berumur 7 thn, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pd mahkota, kepala sari putihkuning kecoklatan.[3] Buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, warnanya cokelat. Bj pipih, warnanya hitam atau cokelat.[4] Mahoni dpt ditemukan tmbh liar di hutan jati &  tempat-tempat lain yg dekat dengan pantai, atau ditanam di tepi jln sbg tumbuhan pelindung.[5] Tumbuhan yang asalnya dari Hindia Barat ini, dapat tmbh sbr bila tumbuh di pasir payau dkt dg pantai.[6]

Manfaat

Tanaman mahoni bisa mngrng polusi udara sktr 47% - 69% shngg disebut sbg tanaman plndng sekaligus filter udara dan  daerah tangkapan air.[7] Daun-daunnya bertugas mnyrp polutan-polutan di sekitarnya. Sblknya, dedaunan itu akan mlpskn oksigen (O2) yg membuat udara di sekitarnya mnjd sgr.[7] Ketika hujan turun, tanah &  akar-akar pepohonan itu akan mngkt air yang jth, shngg menjadi cadangan air.[7] Buah mahoni mngndng flavonoid dan  saponin[8]. Buahnya dilprkn bisa melancarkan peredaran darah sehingga para penderita penyakit yang mnybbkn tersumbatnya aliran darah disarankan memakai buah ini sbg obat, mngrng kolesterol, pnmbnn lemak pd slrn darah, mngrng rasa sakit, pendarahan dan  lebam, serta bertindak sbg antioksidan untk menyngkrkn radikal bebas[8], mncgh penyakit sampar, mngrng lemak di badan, mmbnt mngktkn sstm kkbln, mncgh pembekuan darah, srt menguatkan fungsi hati dan  memperlambat proses pmbkn darah[9]. Sifat Mahoni yg dpt bertahan hidup di tanah gersang menjadikan tumbuhan ini sesuai ditanam di tepi jalan. Bagi pnddk Indonesia khususnya Jawa, tanaman ini bknlah tumbuhan yg baru, krn sejak zaman penjajahan Belanda mahoni &  rekannya, Tanaman Asam, sudah banyak ditnm di pnggr jln sebagai pndh terutama di sepanjang jln yg dibangun olehDaendels antara Anyer smp Panarukan. Sejak 20 tahun terakhir ini, tumbuhan mahoni mulai dibudidayakan krn kayunya memiliki nilai ekonomis yang cukup tngg. Kualitas kayunya keras &  sangat baik untk meubel, furnitur, barang-barang ukiran &  kerajinan tangan. Srng juga dibuat penggaris krn sftnya yg tdk mudah berubah. Kualitas kayu mahoni berada sedikit dibawah kayu jati sehingga sering dijlk sbg primadona kedua untuk mewarnai pakaian. Kain yg direbus bersama kulit mahoni akan mnjd kuning dan  tdk mdh lntr.Sedangkan getah mahoni yang dsbt jg blendok bisa diprgnkn sbg bhn baku lem, dan  daun mahoni untk pakan ternak.[10]

Ekstrak biji pohon mahoni jg bs digunakan sbg pestisida nabati untk mngndlkn hama pd pertnmn kubis, yaitu Plutella xylostella dan  Crocidolomia binolalis khususnya pada saat hama berada pd stadia larva. Pnggnn insektisida botani mrpkn slh satu alternatif pengendalian yg brtjn untuk mengurangi dmpk negatif akibat pnggnn insektisida sintetik yang tidak bijaksana.

 

2019-03-09 12:05:06 * 2019-03-09 11:31:06

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Mahoni | cara menanam pohon mahoni adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Mahoni | cara menanam pohon mahoni"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit