Mahoni | pohon mahoni dimanfaatkan untuk

Mahoni | pohon mahoni dimanfaatkan untuk

 

Mahoni adl anggota suku Meliaceae yang mnckp 50 genera dan 550 spesies pohon kayu.

Morfologi dan penyebaran

Mahoni termasuk tanaman besar dg tngg pohon mencapai 35–40 meter & diameter mencapai 125 centimeter.[2] Batang lurus berbentuk silindris dan tdk berbanir.[2] Kulit luar brwrn cokelat kehitaman, beralur dangkal sprt sisik, sedangkan kulit btng brwrn abu-abu dan  hls ktk masih muda, brbh mnjd cokelat tua, beralur dan  mengelupas stlh tua.[2]Mahoni baru berbunga setelah berumur 7 tahun, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pd mahkota, kepala sari putihkuning kecoklatan.[3] Buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, wrnnya cokelat. Bj pipih, warnanya hitam atau cokelat.[4] Mahoni dapat ditemukan tumbuh liar di hutan jati &  tempat-tempat lain yg dkt dengan pantai, atau ditnm di tepi jln sebagai pohon plndng.[5] Pohon yang asalnya dr Hindia Barat ini, dapat tmbh subur bila tumbuh di pasir payau dkt dengan pantai.[6]

Manfaat

Tumbuhan mahoni bisa mengurangi polusi udara sekitar 47% - 69% sehingga dsbt sbg pohon pelindung sklgs filter udara &  daerah tngkpn air.[7] Daun-daunnya brtgs mnyrp polutan-polutan di sekitarnya. Sblknya, dedaunan itu akan mlpskn oksigen (O2) yg mmbt udara di sktrnya mnjd segar.[7] Ketika hujan turun, tanah &  akar-akar pepohonan itu akan mengikat air yg jth, shngg mnjd cdngn air.[7] Buah mahoni mngndng flavonoid dan  saponin[8]. Buahnya dilaporkan dapat melancarkan peredaran darah sehingga para penderita penyakit yg menyebabkan trsmbtny aliran darah disrnkn memakai buah ini sebagai obat, mengurangi kolesterol, penimbunan lemak pada slrn darah, mengurangi rasa sakit, pendarahan dan  lebam, srt brtndk sebagai antioksidan untuk menyingkirkan radikal bebas[8], mncgh penyakit sampar, mngrng lemak di badan, membantu mngktkn sstm kkbln, mncgh pembekuan darah, serta mngtkn fungsi hati &  mmprlmbt proses pmbkn darah[9]. Sifat Mahoni yang dapat brthn hidup di tanah gersang menjadikan tumbuhan ini sesuai ditnm di tepi jalan. Bagi pnddk Indonesia khususnya Jawa, tanaman ini bukanlah pohon yang baru, karena sejak zaman penjajahan Belanda mahoni dan  rekannya, Tanaman Asam, sudah banyak ditanam di pnggr jalan sebagai peneduh terutama di spnjng jalan yg dibangun olehDaendels antr Anyer sampai Panarukan. Sjk 20 thn terakhir ini, tanaman mahoni mulai dibddykn krn kayunya memiliki nilai ekonomis yg cukup tngg. Kualitas kayunya krs &  sangat baik untk meubel, furnitur, barang-barang ukiran &  kerajinan tangan. Srng jg dibuat penggaris karena sftnya yang tidak mudah berubah. Kualitas kayu mahoni berada sdkt dibawah kayu jati shngg srng dijuluki sbg primadona kedua untuk mewarnai pakaian. Kain yang direbus brsm kulit mahoni akan mnjd kuning dan  tidak mdh lntr.Sedangkan getah mahoni yg dsbt juga blendok bisa diprgnkn sebagai bahan baku lem, dan  daun mahoni untuk pakan ternak.[10]

Ekstrak bj tanaman mahoni jg dapat digunakan sbg pestisida nabati untk mengendalikan hama pd pertanaman kubis, yaitu Plutella xylostella &  Crocidolomia binolalis khususnya pd saat hama berada pd stadia larva. Pnggnn insektisida botani merupakan slh satu alternatif pengendalian yg bertujuan untuk mngrng dmpk negatif akbt pnggnn insektisida sintetik yg tdk bijaksana.

 

2019-03-04 15:43:05 * 2019-03-04 15:10:05

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Mahoni | pohon mahoni dimanfaatkan untuk adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Mahoni | pohon mahoni dimanfaatkan untuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit