Bisbul buah bisbull

13:20:01 Bisbul adalah nama sejenis buah sekaligus tumbuhan penghasilnya. Tanaman ini berkerabat dengan kesemek dan kayu hitam.
Nama ilmiahnya adl Diospyros blancoi A. DC., namunsrng disebut dg nama yang tidak sah: D. discolor Willd. Nama-nama lainnya adl buah mentega, buah lemak (bahasa Melayu, merujuk pada daging buahnya ketika matang), sembolo (Bahasa Jawa), kamagong, tabang atau mabolo (Tagalog, merujuk pada kulit buahnya yg berbulu halus), marit (Bahasa Thai), & velvet apple (Inggris).

Pemerian
Bisbul merupakan pohon yang sedang tingginya, 10-30 meter, mskpn umumnya hanyasekitar 15 meter atau kurang. Berbatang lurus, dengan pepagan brwrn hitam atau kehitaman, diameter hingga 50 centimeter atau lbh di pangkal batang, bercabang krng lebih mendatar & bertingkat, dg tajuk keseluruhan brbntk kerucut yang lebat & rapat daun-daunnya shngg gelap di bagian dalamnya.
Daun-daun tersusun berseling, berbentuk lonjong, 2,5-12 × 8-30 centimeter, bertepi rata, dg pangkal membundar dan ujung meruncing, bertangkai sktr 1,7 cm. Sisi atas daun hijau tua, mengkilap, sprt kulit; sisi bawah berbulu halus, keperakan. Daun muda hijau muda sampai merah jambu.
Berumah dua, bunga-bunga jantan trssn dalam payung menggarpu, 3-7 kuntum, di ketiak daun; berbilangan 4, daun mahkota brbntk tabung, putih susu. Bunga betina soliter, bertangkai pendek dan terletak di ketiak daun.
Buah buni bulat atau bulat gepeng, 5-12 × 8-10 centimeter, berbulu halus sprt beludru, coklat kemerahan kemudian merah terang dan lalu agak kusam apabila masak, dengan “topi” dari kelopak bunga yg tidak rontok. Daging buah berwarna keputihan, agak keras dan padat, agak kering, manis agak sepat & berbau harum; ditutupi kulit buah yang tipis berbulu. Bau keras agak mirip keju & durian, bagi sbgn orang terasa memualkan, bahkan ada pula yang menyebutkan baunya mrp dg kotoran kucing. Bj hngg 10 butir, berkulit kecoklatan, brbntk bj agak mrp keping buah jeruk, 4 × 2,5 × 1,5 centimeter (di bgn tebalnya).
Hasil dan kegunaan

Bisbul tumbuh dg baik di daerah tropika beriklim muson, pd brbg jenis tanah smp dengan ketinggian 800 namun di Bogor buah tlh dapat dipetik antara Maret-Mei.
Pohon ini terutama ditnm untk buahnya, yang dapat dimkn segar atau sbg cmprn minuman & rujak. Kayunya berkualitas baik, coklat kemerahan hngg hitam, bertekstur halus, kuat & keras; di Filipina (dinamai kamagong) merupakan bahan kerajinan yg berharga & dilndng oleh undang-undang. Karena tajuknya yg bagus,pohon bisbul juga kerap ditanam di taman-taman dan tepi jln.
Asal usul dan kerabat
Tumbuhan ini termasuk keluarga eboni (suku Ebenaceae), yang banyak dr anggotanya memiliki kayu yg berwarna hitam atau kehitaman. Tdk jarang, klmpk ini diknl sbg kayu arang atau arang-arang.
Bisbul berasal dari Filipina. Di sana ia dijumpaihdp liar di hutan-hutan primer & sekunder & jg dibudidayakan di pekarangan. Kini bisbul telah menyebar di brbg negeri tropis, trmsk Indonesia.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kota Pontianak Nias Barat Manokwari Sorong Banjarbaru Manokwari Bulukumba Langkat Minahasa Kepulauan Selayar Binjai Kab. Indramayu Indragiri Hilir Metro

Dan Kec lainnya Kec. Driyorejo Kec. Bojongmanik Kec. Banyuglugur Kec. Tugu Kec. Wonoasri Kec. Rimbo Ulu Kec. Tirto Kec. Sukomanunggal Patokbeusi Kec. Sario Kec. Klabang Kec. Nagreg Kec. Karangploso Sukoharjo7 Kec. Bengkong Kec. Pirak Timur Kec. Cimarga Kec. Lubai Kec. Purwokerto Utara Kec. Tanah Sereal

Tag Bisbul buah bisbull

Tag search: buah bisbull Bisbul


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Bisbul buah bisbull adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Bisbul buah bisbull"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit