Cabai cara menanam cabai organik

23:30:02 Cabai atau cabai merah atau chili adalah buah & tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dpt diglngkn sebagai sayuran mpn bumbu, tergantung bagaimana dgnkn. Sbg bumbu, buah cabai yang pedas sangat terkenal di Asia Tenggara sebagai penguat rasa mknn. Bg seni masakan Padang, cabai bhkn dianggap sbg "bhn mknn pkk" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sangat slt bg masakan Padang dibuat tanpa cabai.
Manfaat Cabai
Cabai merah besar (Capsicum annuum L.) merupakan salah satu spesies sayuran yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Cabai mengandung brbg jenis senyawa yang brgn bagi kshtn manusia. [1]. Sun et al. (2007) melaporkan cabai mngndng antioksidan yg brfngs untuk mnjg tbh dari serangan radikal bbs. Kandungan trsbr antioksidan ini adalah pada cabai hijau. Cabai jg mngndng Lasparaginase & Capsaicin yg brprn sbg zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) mrpkn salah satu komoditas sayuran yg bnyk dibddykn oleh petani di Indonesia karena mempunyai hrg jual yang tinggi [2]& mempunyai beberapa mnft kshtn yg slh satunya adl zat capsaicin yg brfngs dalam mengendalikan penyakit kanker. Sln itu kndngn vitamin C yang cukup tngg pd cabai dpt memenuhi kbthn harian setiap orang, nmn hrs dikonsumsi secukupnya untuk menghindari nyeri lambung.

Cara penanaman
Cabai atau lombok trmsk dlm suku terong-terongan (Solanaceae) & merupakan tanaman yg mdh ditanam di dtrn rendah ataupun di dataran tinggi. Tumbuhan cabai banyak mngndng vitamin A & vitamin C serta mngndng minyak atsiri capsaicin, yg mnybbkn rasa pedas & memberikan khngtn panas bila dgnkn untk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai dapat ditnm dg mdh shngg dapat dipakai untuk kebutuhan sehari-hari tnp harus membelinya di pasar.
Tumbuhan cabai cocok ditnm pada tanah yg kaya humus, gembur dan sarang, srt tidak tergenang air; pH tanah yang ideal sktr 5-6. Waktu tanam yg baik untuk lhn krng adl pada akhir musim hujan (Maret-April). UntkUntuk mendapat hrg cabai yg tngg, bisa jg [dilkkn|dilakukan} pada bulan Oktober dan panen pd bulan Desember, wlpn ada risiko kegagalan. Tanaman cabai diperbanyak melalui bj yg ditnm dari tumbuhan yang sehat srt bbs dr hama & penyakit. Buah cabai yang tlh dislks untuk bibit dijmr hngg krng. Kalau panasnya cukup dlm lima hari telah krngkering kemudian baru diambl bjnya: Untk areal satu hektar dibutuhkan sekitar 2-3 kilogram buah cabai (300-500 gram bj).

Permasalahan produksi
Salah satu kendala utama dlm sistem produksi cabai di Indonesia adl adanya srngn lalat buah pada buah cabai. Hama ini sering mnybbkn ggl panen[3]. Lprn Departemen Pertanian RI thn 2006 menunjukkan bahwa krskn pd pohon cabai di Indonesia dpt mencapai 35%. Buah cabai yang terserang sering tampak sehat & utuh dari luar ttp bila dilihat di dlmnya mmbsk & mngndng larva lalat. Pnybbnya terutama adl lalat buahBactrocera carambolae. Karena gejala awalnya yg tak tmpk jls, sementara hama ini sbnrnnya msh trbts di Indonesia, lalat buah menjadi hamakarantina yang ditakuti shngg dpt menjadi pnghmbt ekspor buah-buahan mpn pada produksi cabai.

Selain lalat buah, Kutudaun Myzus persicae (Hemiptera: Aphididae) mrpkn slh satu hama penting pd bddy cabai karena dapat mnybbkn kerusakan hngg 80%. Cara pengendaliannya dapat menggunakan insektida nabati ekstrak Tephrosia vogelii & Alpinia galanga. [4]

Upaya penanggulangan hama
Sbnrnya sudah dilakukan cara untk mengendalikan srngn lalat buah ini, di antrnya adalah pembrongsongan yg bisa mencegah srngn lalat buah. Akan ttp, cara ini tdk praktis untk dilkkn pd tumbuhan cabai dalam areal yg luas. Smtr penggunaan insektisida selain mencemari lngkngn jg sangat berbahaya bagi knsmn buah. Oleh krn itu, dibutuhkan cara pngnndln yg rmh lngkngn & cck untk ditrpkn di areal luas seperti di lhn sentral produksi cabai. Cara pengendalian lalat buah pada pohpn cabai, khususnya cabai merah, adl penggunaan insektisida sintetik krn dianggp praktis, mdh diperoleh, & mnnjkkn efek yg cpt. Sln insektisida sintetik, insektisida nabati sprt kacang babi Tephrosia vogelii, jeruk purut Citrus hystrix, serai wangi Cymbopogon citratus efektif sebagai penolak lalat buah.[5]



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kutai Timur Aceh Singkil Kampar Kab. Garut Nias Barat Kampar Kab. Brebes Lamandau Kab. Sintang Metro Bantaeng Kab. Jombang Kab. Sintang Solok

Dan Kec lainnya Tambakdahan Kec. Kelua Kec. Sariwangi Kec. Kaliwungu Kec. Tulungagung Kec. Tanjung Pura Kec. Garut Kota Kec. Guluk Guluk Kec. Aikmel Kec. Puteri Betung Kec. Jaken Sadaniang Kec. Bungin Kec. Rante Angin Kec. Tanah Merah Kec. Dukuhwaru Kec. Wonosari Kec. Pesanggaran Kec. Bebesen Kec. Sajo Anging

Tag Cabai cara menanam cabai organik

Tag search: cara menanam cabai organik Cabai


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cabai cara menanam cabai organik adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cabai cara menanam cabai organik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit