Bisbul buah bisbull

15:25:03 Bisbul adalah nama sejenis buah sklgs tanaman pnghslnya. Tanaman ini berkerabat dg kesemek dan kayu hitam.
Nm ilmiahnya adalah Diospyros blancoi A. DC., nmn sering disebut dengan nm yang tdk sah: D. discolor Willd. Nama-nama lainnya adalah buah mentega, buah lemak (bahasa Melayu, merujuk pada daging buahnya ketika masak), sembolo (Bahasa Jawa), kamagong, tabang atau mabolo (Tagalog, merujuk pd kulit buahnya yg berbulu halus), marit (Bahasa Thai), & velvet apple (Inggris).

Pemerian
Bisbul mrpkn pohon yang sedang tingginya, 10-30 meter, mskpn umumnya hanyasekitar 15 meter atau kurang. Berbatang lurus, dengan pepagan berwarna hitam atau kehitaman, diameter hingga 50 centimeter atau lebih di pangkal batang, bercbng krng lebih mendatar & bertngkt, dengan tajuk keseluruhan berbentuk kerucut yang lebat dan rapat daun-daunnya shngg gelap di bagian dlmnya.
Daun-daun tersusun berseling, brbntk lonjong, 2,5-12 × 8-30 centimeter, bertepi rata, dg pangkal membundar & ujung meruncing, bertangkai sktr 1,7 cm. Sisi atas daun hijau tua, mengkilap, sprt kulit; sisi bwh berbulu halus, keperakan. Daun muda hijau muda sampai merah jambu.
Berumah dua, bunga-bunga jantan tersusun dlm payung menggarpu, 3-7 kuntum, di ketiak daun; berbilangan 4, daun mahkota brbntk tabung, putih susu. Bunga betina soliter, bertangkai pendek dan trltk di ketiak daun.
Buah buni bulat atau bulat gepeng, 5-12 × 8-10 cm, berbulu halus sprt beludru, coklat kemerahan kmdn merah trng dan lalu agak kusam apabila masak, dg “topi” dari kelopak bunga yang tidak rontok. Daging buah berwarna keputihan, agak keras dan padat, agak kering, manis agak sepat & berbau harum; ditutupi kulit buah yang tipis berbulu. Bau keras agak mrp keju dan durian, bagi sebagian orang terasa memualkan, bahkan ada pula yang mnybtkan baunya mirip dengan kotoran kucing. Bj hingga 10 btr, berkulit kecoklatan, berbentuk bj agak mirip keping buah jeruk, 4 × 2,5 × 1,5 cm (di bgn tebalnya).
Hasil dan kegunaan

Bisbul tmbh dengan baik di daerah tropika beriklim muson, pada brbg jenis tanah smp dengan ketinggian 800 m] dpl. Di Filipina, bisbul berbuah antara Juni-September; [nmn di Bogor buah telah dapat dipetik antara Maret-Mei.
Tumbuhan ini terutama ditnm untuk buahnya, yg dpt dimkn segar atau sbg campuran minuman & rujak. Kayunya berkualitas baik, coklat kemerahan hingga hitam, bertekstur halus, kuat dan keras; di Filipina (dinamai kamagong) merupakan bhn kerajinan yang berharga & dilindungi oleh undang-undang. Krn tajuknya yg bagus,tanaman bisbul jg kerap ditanam di taman-taman dan tepi jalan.
Asal usul dan kerabat
Tanaman ini termasuk keluarga eboni (suku Ebenaceae), yang banyak dr anggtnnya mempunyai kayu yang berwarna hitam atau kehitaman. Tdk jrng, klmpk ini dikenal sebagai kayu arang atau arang-arang.
Bisbul berasal dari Filipina. Di sana ia ditemukanhidup liar di hutan-hutan primer dan sekunder & jg dibddykan di pekarangan. Kini bisbul telah menyebar di berbagai negeri tropis, termasuk Indonesia.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Bulukumba Jayapura Halmahera Utara Bolaang Mongondow Selatan Kota Mojokerto Halmahera Utara Kab. Dompu Kab. Subang Ogan Komering Ulu Timur Soppeng Pesisir Selatan Toli-Toli Kab. Sumedang Kab. Bogor

Dan Kec lainnya Kec. Sekerak Kec. Taman Kec. Ranto Peureulak Kec. Paguyangan Kec. Sail Kec. Julok Kec. Babalan Kec. Balong Bendo Kec. Bandar Dua Kec. Grogol Kec. Tanjung Tiram Kec. Kibin Kec. Barombong Kec. Poso Kota Selatan Tanjung Siang Kec. Nawangan Kec. Medan Petisah Kec. Campaka Kec. Tenjolaya Kec. Bruno

Tag Bisbul buah bisbull

Tag search: buah bisbull Bisbul .. Bisbul Wikipedia bahasa Indonesia ensiklopedia bebas idwikipediaorgwikiBisbul Bisbul adalah nama sejenis buah sekaligus tumbuhan penghasilnya Tumbuhan ini berkerabat dengan kesemek dan kayu hitam Nama ilmiahnya adalah Bisbul Buah Lemak Berbulu yang Penuh Manfaat Indonesiagoid indonesiagoidragamkomoditassosialbisbulbuahlemakberbuluyangpenuhmanfaat 30 Jun 2019 Buah beludru atau yang lebih sering dikenal dengan buah bisbul Diospyros discolor merupakan salah satu buah khas yang identik dengan 7 Manfaat Buah Bisbul si Buah Mentega Dokter Sehat doktersehatcommanfaatbuahbisbul 28 Jul 2019 Nama bisbul mungkin masih terdengar asing Padahal manfaat buah bisbul bagi kesehatan tak kalah dengan buah lainnya yang lebih 5 Khasiat menakjubkan dalam legitnya buah langka bisbul 14 Sep 2015 Merdekacom Pernah makan buah bisbul Di Indonesia bisbul juga dikenal dengan sebutan buah mentega Buah langka yang berasal dari Bisbul Buah Mentega yang Rasanya Manis Bobo bobogrididread bisbulbuahmentegayangrasanyamanis 13 Sep 2017 Buah mentega memang berasal dari Filipina Walau demikian buah yang dikenal dengan bisbul di Jawa Barat ini juga tumbuh di Indonesia Jual Bibit Tanaman Buah Bisbul Bisbull Terbaru Harga Promo ZPLANT Bisbul Bisbull Bibit Tanaman Buah merupakan bibit pohon langka tekstur buah seperti mentega Rasa buah campuran salak durian keju dan srikaya Buah Mentega atau Bisbul Buah Yang Sudah Sangat Langka Di jagadidbuahmentegaataubisbulbuahyangsudahsangatlangkadiindonesia Bisbul Diospyros blancoi A DC dikenal juga sebagai Velvet Apple Inggris atau Buah Mentega Indonesia Merupakan buah yang awalnya hidup liar di Bibit Bisbul Bibit Tanaman Buah tanamanmartcomprodukjualbibitbisbul Jual Bibit Bisbul Bibit Bisbul Harga Bibit Bisbul Tabulampot Bisbul Bisbul Diospyros blancoi merupakan buah yang cukup asing sekali namanya di Jual Bibit Pohon Buah Bisbul Bisbull Tanaman Mentega Unik Jual Bibit Pohon Buah Bisbul Bisbull Tanaman Mentega Unik Langka dengan harga Rp35000 dari toko online AgenBibit Kab Bogor Cari produk Benih Bibit .


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Bisbul buah bisbull adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Bisbul buah bisbull"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit