Kersen olahan buah kersen

18:14:03 Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) adalah sejenis tanaman sekaligus buahnya yg kecil & manis berwarna merah cerah. Di beberapa daerah, sprt di Jakarta, buah ini juga dinamai ceri (untk ceri yang sbnrny, lihat artikel ceri).

Dlm Bahasa Madura, buah ini disebut "kersen" baleci. Nama-nama lainnya di bbrp negara adl datiles, aratiles,manzanitas (Filipina); mât sâm (Vietnam); khoom sômz, takhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); dan kerukup siam (Malaysia).

Juga diknl sebagai capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherry, Panama berry, & Singapore cherry (Inggris). Orang Belanda dl mnybtnya Japanse kers ("ceri jepang"), yg lalu dari sini diambil menjadi kersen dalambahasa Indonesia atau ada yg menyebutnya ceri.

Daun Kersen mengandung zat antioksidan alami sehingga bs menghambat pertmbhn sel kanker dlm tubuh manusia. Di desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kab. Bojonegoro, daun Kersen diolah oleh Adib Nurdiyanto menjadi teh herbal. Dikemas dlm botol siapmnm, teh daun Kersen ini menjadi minuman herbal ygdigmr para remaja.

Pemerian
Perdu atau pohon, tinggi smp 12 m, meski umumnya hanya sktr 3-6 meter saja. Hijau abadi& terus mnrs berbunga & berbuah spnjng tahun.
Cabang-cabang mndtr, menggntng di ujungnya; membentuk naungan yg rindang. Ranting-ranting berambut hls bercampur dg rambut kelenjar; demikian pula daunnya.
Daun-daun trltk mendatar, berseling; helaian daun tdk simetris, bundar telur lanset, tepinya bergerigi dan berujung runcing, 1-4 × 4-14 centimeter, sisi bwh berambut kelabu rapat; bertangkai pendek. Daun penumpu yg sebelah meruncing bentuk benang, lk. 0,5 cm, agak lama lalu mengering & rontok, sementara sblh lagi rudimenter.

Bunga dlm berkas, berisi 1-3(-5) kuntum, terletak di ketiak agak di sebelah atas tumbuhnya daun; bertangkai panjang; berkelamin dua & berbilangan 5; kelopak brbg dalam, taju meruncing bntk benang, berambut halus; mahkota bertepi rata, bundar telur terbalik, putih tipis, gundul, lk. 1 cm. Benang sari brjmlh bnyk, 10 smp lbh dr 100 helai. Bunga yang mekar menonjol keluar, ke atas helai-helai daun; namun setelah menjadi buah menggantung ke bwh, trsmbny di bwh helai daun. Umumnya hanya satu-dua bunga yg mnjd buah dlm tiap berkasnya.

Buah buni bertangkai panjang, bulat hamper sempurna, diameter 1-1,5 cm, hijau kuning dan akhirnya merah apblmatang, bermahkota sisa tangkai putik yg tdk rontok serupa bintang hitam bersudut lima. Berisi bbrp ribu biji yang kecil-kecil, halus, putih kekuningan; terbenam dlm daging & sari buah yang manis sekali.

Selain itu, buah kersen juga dpt dgnkn untk obat penyakit asam urat, diabetes, & msh banyak lagi.

Hasil, ekologi dan penyebaran
Buah kersen disukai terutama oleh anak-anak, burung dan codot. Anak-anak sekolah sering memanjat pohonnya, meninggalkan bekas-bekas berupa ranting yang berpatahan & kulit batang yg terkelupas. Buah ini juga dapat dijadikan selai. Di Meksiko, buah kersen dijual di pasar.Tanaman kersen di Indonesia mdh ditemukan. Biasanya pohon ini dijadikan tmpt teduh bagi tukang becak di Indonesia.

Kayu kersen lunak & mudah kering, sangat berguna sebagai kayu bakar. Kulit kayunya yang mdh dikupas digunakan sbg bhn tali & kain pembalut. Daunnya dapat dijadikan smcm teh.

Burung-burung pemakan buah, seperti kelompok merbah & burung cabe, sering mngnjng tanaman ini di waktu siang untk mmkn buah atau sari buahnya yg manis. Di waktu hari gelap, brgnt aneka varietas kelelawar pmkn buah yang dtng dg tjn yg sama. Bj kersen tidak tercerna oleh burung & codot, karena itu kedua klmpk hewan ini sklgs berfungsi sebagai pemencar bijinya.

Pohon kersen khususnya berguna sbg pohon peneduh di pinggir jalan. Pohon kecil ini awalnya sering tmbh sebagai semai liar di tepi jln, selokan, atau mncl di tengah retakan tembok lantai atau pagar, dan akhirnya tumbuhdg cpt –biasanya dibiarkan saja– mmbsr sebagai pohon naungan. Sbb itulah pohon kersen seringkali ditemukan di wly perkotaan yg ramai & padat, di tepi trotoar & lahan parkir, di tepi sungai yang tidak terurus atau di tempat-tempat yg biasa kering berkepanjangan.

Karena sifat-sifat dan daya tahannya itu, kersen menjadi salah satu tumbuhan pionir yang plng banyak dijumpai di wilayah hunian manusia di daerah tropis. Berasal dr Amerika tropis (Meksiko selatan, Karibia, Amerika Tengah sampai ke Peru dan Bolivia), kersen dibawa masuk ke Filipina pd akhir abad-19, & lalu dg cepat mnybr di seluruh wlyh tropis Asia Tenggara.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kab. Kapuas Hulu Kotawaringin Timur Kepulauan Aru Manado Kab. Sumenep Kepulauan Aru Padang Pariaman Kab. Semarang Kab. Nganjuk Kab. Blora Banjarbaru Mukomuko Kota Kediri Tojo Una-Una

Dan Kec lainnya Kec. Lebakbarang Kec. Makmur Kec. Silimakuta Kec. Fak Fak Barat Kec. Sumay Kec. Muara Harus Kec. Ngimbang Kec. Batang Batang Kec. Batui Kec. Cibugel Kec. Besuki Kec. Curah Dami Kec. Candipuro Kec. Menteng Kec. Lagu Boti Kec. Majenang Kec. Paliyan Kec. Losarang Kec. Tarogong Kidul Kec. Aikmel

Tag Kersen olahan buah kersen

Tag search: olahan buah kersen Kersen ..Manfaat Buah Manfaat Buahbuahan books15 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan 329 75 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil 357 Buah Langsat Untuk Olahan MakananKenali Manfaat Cara Mengolah Buah Kersen Si Manis Kembaran mengenalbuahkersenmanfaatnyacaramengolahnya20170929 Buah kersen gampang ditemukan di pinggir jalan atau halaman rumah Selain tiga olahan tersebut beberapa orang juga membuat pudingManfaat Buah Kersen untuk Kesehatan Beserta Cara Mengolah dan artikel manfaatbuahkersenuntukkesehatan20180726 Melihat kecenderungan masyarakat yang lebih memilih menggunakan obat alami daripada obat medis olahan buah kersen menjadi sirupResep Muffin Kersen Rumah Inspirasi resepmuffinkersen20141025 Akibatnya bertumpuk kotak hasil panen buah kersen di kulkas Salah satu hasil olahan buah kersen yang mereka sukai adalah MuffinKersen Solusi Deritaku Kompasianacom Humaniora Sosbud20110524 Buah ceri kersen selain manis dan sedap ternyata bermanfaat untuk Produk olahan dari kersen ini tidak menggunakan bahan kimia apapun3 resep kersen enak dan sederhana Cookpad cari kersenLihat juga resep Kripik daun kersen Bento Brekele enak lainnya Buah Kersen Talok Nasi Brokoli Wortel Jagung Manis Sosis Ayam Telur Ayam PutihPDF PEMANFAATAN KERSEN Muntingia calabura L SEBAGAI indexphp jtpr article downloadPenelitian ini bertujuan mengetahui sifat kimia dan sensoris terhadap 3 jenis olahan kersen dari daun bungadan buah Parameter yang diuji adalah rasaSirup Buah Kersen Penyembuh Asam Urat UtakAtikOtakcom kongkow detail Siapa tidak kenal kersen muntingia calabura L atau talok yang buahnya kecil produk olahan kersen berupa sirup sebagai salah satu upaya meningkatkanTernyata Buah Kersen Obat Mujarab Asam Urat dan Kolesterol Lifestyle Health20190520 Bahkan daun kersen bisa diolah menjadi keripik dengan cita rasa khas Jika dikonsumsi rutin buah maupun olahan daun talok diyakini dapat .


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kersen olahan buah kersen adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kersen olahan buah kersen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit